RSS

BUSINESS MODEL OF FACEBOOK

Situs jaringan sosial seperti Facebook menarik perhatian jutaan pengguna dan ini merupakan suatu kesempatan bagi para marketer demi memasuki pasar dengan market segment tertentu. Facebook mengikuti iklan e-business model yang digunakan dalam rangka menghasilkan pendapatan bagi perusahaan tersebut.Membedakan dirinya dari media konvensional, situs jaringan sosial seperti Facebook terlibat penggunanya dengan desain yang unik dan disponsori konten online. Dan tingkat lalu lintas ke situs web tertentu seperti Facebook, bertindak sebagai alat untuk mengerti bagaimana menarik situs untuk para penggunanya, efektivitas dalam kesadaran merek dan daya tarik bagi pemasar dan pengiklan.

Facebook berhasil membuat masyarakat dalam komunitas sendiri. Dimulai pada 2004 sebagai situs komunitas untuk mahasiswa Harvard yang kemudian diperluas untuk siswa Universitas AS lainnya. Bahkan pengguna Facebook membentuk bagian dari merek virtual atau komunitas pengguna Facebook berbeda dengan pengguna lain situs seperti MySpace. Dalam komunitas virtual ini terletak ribuan komunitas-komunitas lain yang dibangun oleh pengguna, grup band, pengiklan, dan lain lain.

Bisnis Model                                                                                                                                       Bisnis model merupakan suatu mekanisme yang digunakan dalam memperoleh pedapatan serta keuntungan. Dan juga merupakan sebuah summary bagaimana planning perusahaan dalam memberikan servis terhadap para consumennya. Kita tentunya dalam melakukan hal tersebut harus menggabungkan antara strategi dan implementasi di lapangan. Dany hal hal yang dilakukan oleh facebook adalah:

a.      Bagaimana kita akan memilih pelanggan.

b.      Bagaimana mendefinisikan dan membedakan penawaran produk.

c.      Bagaimana menciptakan utilitas untuk pelanggan.

d.      Bagaimana kelanjutannya ke pasar (strategi promosi dan distribusi strategi).

f.       Bagaimana cara perusahaan mendapatkan keuntungan.

Facebook menggunakan business model network efek, yang dimana model in banyak sekali digunakan oleh perushaan pngerusahaan besar di tahun 90an. Bisnis model ini berpondasi kepada effek network yang akan berdampak pada meningkatnya value produk dan servis terhadap consumen yang potensial. Facebook sangat cocok sekali menggunakan strategi ini dikarenakan semakin banyak user yang menggunakan website facebook  semakin berguna pula website tersebut di mata masyarakat.

 Bagaimana Facebook memilih pelanggan                                                                                     Facebook dalam pemilihan pelanggan adalah bagian yang sangat penting dari model bisnis perusahaan. Situs jaringan sosial telah meningkat di dekade terakhir dan banyak sekali akan keberadaannya  seperti MySpace, Friendster, dan LiveJournal. Sebagian besar situs jaringan social tersebut tidak spesifik dan memiliki banyak pengguna. Fakta ini adalah apa yang membuat pilihan Facebook pelanggan sangat penting. Oleh karena itu Zuckerberg mengarahkan facebook untuk mengsegmen orang orang yang masih sekolah di perguruan tinggi, universitas, terutama orang orang di Amerika Serikat.

Penawaran produk Facebook                                                                                                               Salah satu elemen kunci keberhasilan Facebook adalah diferensiasi, terutama perbandingan raksasa jejaring sosial seperti MySpace. Apa yang membuat seorang mahasiswa dengan akun MySpaceingin mendaftar dengan Facebook? Jawaban atas pertanyaan ini terletak pada bagaimana Facebook membuat suatu sistem yang terpisah dengan jejaring social lainnya. Facebook adalah satu-satunya merek dari situs-situs yang digunakan oleh siswa dan mahasiswa saja. Juga, untuk mempersempit potensi jaringan bahkan lebih, sebagian besar anggota dibatasi untuk melihat informasi rinci tentang siswa hanya di sekolah mereka. Jadi apabila seseorang berkuliah di ITB fakultas SBM, dengan menggunakan facebook kita dapat mengenali orang orang baru yang berada di lingkungan sekolah kita hanya dengan Facebook.

Bagaimana Facebook menciptakan kepuasaan terhadap pelanggannya                                         Facebook pada awalnya. itu hanya sebuah situs untuk menghubungkan mahasiswa tetapi sekarang hal ini menjadi pokok dalam adegan perguruan sosial. Utilitas yang menciptakan Facebook untuk pelanggan sangat penting dalam menciptakan lalu lintas komunikasi antar orang orang yang menggunakannya. Perusahaan jaringan sosial online seperti Friendster telah gagal di masa lalu karena terlalu satu dimensi dan tidak nyata. Facebook mampu mengenali kesalahan-kesalahan dan dikapitalisasi sangat dalam membentuk jaringan sosial online yang sangat nyata. Secara teori, layanan yang diberikan oleh kedua perusahaan sangat mirip. Perbedaannya adalah apa yang membuat individu terus datang kembali ke situs. Di Friendster Anda dapat menelusuri melalui berbagai profil orang dan menambahkan mereka sebagai teman tapi kemungkinan Anda benar-benar bertemu teman-teman online adalah sangat kecil. Facebook, di sisi lain, adalah sebaliknya. Dengan jumlah sekolah yang berpartisipasi dan pengguna memanjat, tidak jarang melihat seseorang secara online sebelum pertemuan mereka secara pribadi. Facebook adalah berguna dalam berbagai cara termasuk:

  1. Membentuk kelompok studi
  2. Mencari teman baru
  3. Menjaga berhubungan dengan teman di sekolah yang jauh
  4. Menemukan orang lain yang memiliki kepentingan yang sama
  5. Up to date dengan even even sosial

Bagaimana memperoleh dan menjaga pelanggan
Facebook dapat dengan mudah memperoleh dan mempertahankan pelanggan karena popularitasnya meningkat. Statistik hampir dipercaya:
a. 45% dari perguruan tinggi AS (total 2.000 – mewakili mahasiswa sebanyak 8 juta orang
b. 80% penetrasi di kalangan mahasiswa perguruan tinggi yang berada pada platform yang sama
c.10 situs internet paling banyak dikunjungi di AS
d. 8.5 juta orang pengunjung unik
e. 20.000 orang pengguna baru per hari
f. Repetisi penggunaan harian 70%, mingguan 85%, bulanan 93%

Menjaga dan memantain pelanggan merupakan hal yang mudah dilakukan bagi Facebook selama seseorang masih memiliki account di facebook. Facebook digunakan oleh mahasiswa di berbagai macam kampus  untuk melihat seseorang yang belum mereka kenal atopun sudah mereka kenal. Lalu pengguna akan meng add mereka serta menginvite. Seseorang juga dapat mengirim pesan kepada orang lain, menulis di wall orang lain dan mempoke orang lain. Fitur fitur ini merupakan hal hal yang membuat major opportunities dari komunikasi yang dilakukan antara mahasiswa mahasiswa.

Strategi Distribusi
Strategi distribusi Zuckerberg adalah elemen kunci di balik idenya, internet. Facebook menyediakan layanan yang menghubungkan mahasiswa melalui beberapa klik mouse. Strategi ini bukanlah hal baru seperti yang digunakan oleh banyak situs jaringan sosial. Dalam dunia yang sibuk saat ini,perusahaan seperti MySpace dan Friendster menggunakan ide yang sama yang telah terbukti berhasil.

Strategi Promosi
Promosi belum menjadi masalah besar karena sukses instan Facebook. Facebook tidak didanai oleh suatu kampanye iklan utama dalam rangka meningkatkan kesadaran karena kesadaran itu ada dari awal. Zuckerberg memulai Facebook sebagai direktori online mahasiswa Harvard dan itu adalah hit instan. Dalam sebulan Facebook yang tersedia di Universitas Columbia, Stanford, dan Yale  dan musim panas itu tersedia sekitar tiga puluh universitas yang berbeda. Promosi situs telah sebagian besar dari mulut ke mulut, sebagai pengguna saat ini pujian untuk teman-teman mereka tentang situs dan banyak fitur. Publisitas melalui artikel di surat kabar serta wawancara di televisi juga membantu promosi Facebook.

Word of mouth communication

Magazine

TV show

Bagaimana Facebook Memperoleh Profit                                                                                     Pertanyaan besar di balik Facebook dan banyak lainnya jaringan situs gratis online adalah: bagaimana mereka benar-benar menghasilkan uang? Jawabannya terutama iklan. Iklan di Facebook yang sangat berharga mengingat jumlah lalu lintas situs ini mampu menghasilkan. Sekitar 70% dari lima juta pengguna ditambah login di situs harian dan pengguna adalah semua berusia antara 18 dan 24. Prospek periklanan yang terlalu tinggi untuk perusahaan besar untuk diabaikan.
Zuckerberg menawarkan tiga cara yang berbeda untuk mengiklankan: iklan banner, grup sponsor, dan pengumuman teks. Apple telah mensponsori kelompok sendiri yang disebut “Apple Mahasiswa” dimana daftar item terpanas, harga, dan bahkan memberikan jauh barang gratis. Electronic Arts dan kelompok Geffen Records pada situs sponsor juga. Teks pengumuman, yang lebih diarahkan untuk siswa yang ingin mengumumkan pesta atau acara, yang dijual secara teratur sebesar $ 9 – $ 15 dan menjamin sejumlah hits. Banner iklan mudah dijual kepada perusahaan-perusahaan besar.

                                                   iklan dan promosi produk di facebook

Brand yang mengiklankan produknya di Facebook

kesimpulan
Facebook memiliki model bisnis yang sangat spesifik dan kuat yang akan membawa perusahaan menuju  kesuksesan di masa depan. Situs ini tumbuh setiap hari dalam banyak kategori dan menarik perhatian banyak sekali orang di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, facebook harus terus mengekspansi bisnisnya dalam rangka memperbesar perusahannya.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: