RSS

Creatif Entrepreneur -Ridwan Kamil-

Bisnis itu datang dari sebuah ide. Yang dimana ide tersebut dapat menjadi sebuah edit value yang akhirnya akan menjadi sebuah bisnis. Kata kunci dari ide adalah imajinasi. Tentunya hal ini sangat penting sekali untuk dijadikan sebagai sebuah pedoman dalam pembuatan sebuah bisnis.                                                              Di tahun 2008, saat terjadi krisis dunia, terdapat tiga negara yang tidak terkena dampak akan adanya krisis tersebut. Tiga negara itu adalah Indonesia, Cina, dan India. Pertumbuhan ekonomi di ketiga negara tersebut masih positif dikarenakan mereka mengandalkan perekonomian lokal. Di negara negara itu, hampir 60% perekonomiannya dikuasai oleh market dalam negeri. Dan untuk tetap membangun suatu perekonomian negara yang lebih baik, kita harus banyak memiliki para entrepreneur entrepreneur yang memiliki jiwa yang kreatif dan inofatif.

Beberapa cara untuk menjadi entrepreneur yang kreatif adalah :

a) Inofatif, ini dimaksudkan agar kita dapat berpikir secara “outside the box”. Jadi kita akan memiliki cara pandang yang sangat berbeda dengan layaknya orang banyak. Dan pemikiran ini merupakan cara berpikir yang menunjukkan bahwa kita adalah seorang yang banyak ide dan kreatif.                                                            b) Risk taker, selalu mengkalkulasi semua resiko yang akan kita hadapi dan berani mengambilnya. Hal ini akan membuat diri seseorang akan lebih maju dalam kehidupannya.                                                                        c) Visionary, yang dimaksud dengan visionary adalah bagaimana kita membuat sebuah goal dalam tujuan hidup masing masing individu.                                                                                                                               d) Memiliki jiwa leadership yang kuat ( memberikan contoh yang baik kepada orang lain, menginfluence, memotivasi, dan lain lain).                                                                                                                           e) Problem solver, seorang entrepreneur mampu memecahkan semua masalah yang dihadapinya.                     f) Change Agent, ini artinya adalah bahwa seorang individu mampu untuk memberikan suatu perubahan yang lebih baik terhadap lingkungan sekitarnya. Terutama di dalam organisasi tempat dia bekerja atau tempat melakukan aktifitasnya.

Dan tentunya ada cara cara juga untuk membuat suatu bisnis yang kreatif, langkah langkah tersebut adalah :    a) Melakukan observasi, ini dapat dilakukan dengan melakukan interaksi dengan orang laen (bergaul), travelling,menambah networking.                                                                                                                   b) creative service .                                                                                                                                      c) Think differently.

Yang saya tulis diatas merupakan hal hal yang saya dapatkan dari kuliah Bpk Ridwan Kamil. Menurut saya, ini kegiatan yang sangat baik sekali bagi para mahasiswa untuk mendengarkan ilmu serta pengalaman dari para entrepreneur seperti Bpk Ridwan Kamil. Ilmu ilmu yang kita dapatkan saya harap dapat kita aplikasikan untuk diri sendiri di kelak kemudian hari. Yang dimana kita dapat memajukan sektor perekonomian Indonesia melalui bisnis bisnis yang akan dibuat oleh para entrepreneur seperti kita ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: