RSS

Mengapa perlu kreatif? Sosok paling kreatif? Perusahaan paling kreatif?

Mengapa kreatifitas itu penting?

1.Manusia perlu menyesuaikan diri dengan perubahan jaman

Dijaman yang serba berubah ini, manusia diharuskan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar maupun komunitasnya. Sikap hidup yang monoton dan takluk terhadap rutinitas pekerjaan membuat manusia tidak bisa berkembang dalam hidupnya.

2. Penting dalam dunia usaha           

Setiap perusahaan, harus mennyesuaikan diri dengan perubahan jaman, apabila sebuah perusahaan tidak melakukan inovasi dan perubahan baik dari produk yang dijual ataupun intern organisasi perusahaan, maka perusahaan tersebut akan ketinggalan dan tidak dapat berkembang dan pada akhirnya mengalami fase decline. Bahkan dalam beberapa perusahaan, ada divisi yang namanya tim kreatif, yag bertugas untuk melakukan inovasi ke berbagai produk perusahaan tersebut.

3.Penyelesaian masalah

Manusia pasti selalu berhadapan dengan masalah dalam hidupnya. Baik masalah besar maupun kecil. Jika tidak ada masalah sama sekali manusia sama saja dengan mati. Orang menghadapi berbagai masalah dengan caranya yang berbeda-beda, ada yang cuek, ada yang dengan serius dan teliti, ada yang bodo amat, ada yang dipikirkan secara detail, dsb.. Namun, banyak juga orang yang tidak sanggup dalam menghadapi masalah. Mereka menjadi stress, dan akhirnya memutuskan untuk melarikan diri dari masalah bahkan ada yang lebih parah yaitu bunuh diri. Cara seperti ini harus dihindari, orang yang kreatif biasanya tidak pernah tertekan oleh berbagai masalah. Kreativitas diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah, oleh karena itu, orang perlu untuk kreatif dalam menatasi berbagai persoalan yang melanda hidupnya.

4.Berkontribusi bagi masyarakat

Manusia adalah makhluk sosial, yang hidup bersama komunitasnya. Kita tidak bisa hidup secara cuek dan tidak memperhatikan orang lain. Maka dari itu, kreativitas diperlukan agar manusia dapat berinteraksi, bersosialisasi, dan menjadi berguna bagi masyarakat sekitarnya.

Sosok paling kreatif ?

Menurut saya sosok paling kreatif adalah Tony Fernandes. Dia adalah pemilik maskapai penerbangan Air Asia. Belum lama perusahaan penerbangan ini berdiri tetapi perusahaan tersebut telah meraup keuntungan yang sangat begitu banyak. Penerbangan Air Asia melayani untuk rute rute di Asia dan juga Eropa. Dia memiliki pandangan yang sangat sederhana dimana semua orang itu dapat memiliki sebuah mimpi. Dan paham yang ia percayai itu digunakannya sebagai visi dan misi perusahaan yakni melayani yang belum terlayani, oleh karena itu perusahaan Air Asia terkenal dengan penerbangannya yang low cost. Tag line yang digunakan pada setiap pesawatnya adalah “Now everyone can fly”. Dengan halnya ini, ia telah menciptakan suatu perubahan yang baru dalam dunia penerbangan. Dari yang tadinya orang tidak bisa naik pesawat karena kendala biaya yang mahal, dengan hadirnya Air Asia itu sudah tidak menjadi kendala lagi.

air asia

Perusahaan Paling kreatif ?

Menurut saya, perusahaan paling kreatif adalah Nike. Siapa tidak kenal dengan logo bergambar ‘centang’ ataupun slogan ‘just do it’ yang melekat di hampir semua produk apparel maupun peralatan olahraga. Kepopuleran Nike dan keuntungan yang mengalir bagai mesin uang tentu tidak lepas dari kekuatan merk dagangnya.

Nike, Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo dan Micheal Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak boladunia seperti Manchester United.

Perusahaan ini telah berhasil melaksanakan iklan adalah Nike, karena Nke masuk pada merk sepuluh terbesar dunia. Nike menganggap iklan bukan menjual produk. Tetapi iklan itu menjual merk. Nike dalam merancang pesan dengan menggabungkan nama merk dan citra ke dalam struktur budaya olah raga dan menggunakan kekuatan emosionalnya

Berdiri dengan nama Blue Ribbon Sport, merek Nike yang dibidani Phil Knight dan Bowerman ini, memulai bisnisnya hanya dengan modal US$ 1.000. Namun dengan ketekunan, kecakapan melihat peluang dan kegesitan sebagai pionir, Nike Inc yang mempunyai 500 pabrik dan 45 kantor di seluruh dunia, kini mampu meraup keuntungan US$ 16,325.90 juta hanya dalam setahun (Mei 2006-Mei 2007) atau laba bersih US$ 569,7 juta pada kuartal I 2007–2008. Hasil tersebut 51% lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya US$ 377,2 juta.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: